10 Kota-kota Terbesar di Cina

 
 
 

Jika anda senang dengan suasana kota besar yang tumbuh sangat pesat, maka China lah tempat yang pas untuk dikunjungi. Rasakan kesibukan suasana kota di negara yang berkembang tercepat dalam sejarah planet bumi ini. Ketika anda jalan-jalan melalui wilayah-wilayah utama China, Anda sedang berjalan di sebuah kebesaran yang 30 tahun yang lalu hanyalah bagian-bagian kota yang kecil. Melalui tempat-tempat seperti Tianjin, Guangzhou, Shenzen dan Dongguan, tidak hanya untuk tujuan wisata, di sana juga ada banyak atraksi yang beraneka-ragam dan banyak lagi yang lainnya. Mengunjungi kota-kota di mana busana-busana dan banyak lain yang dibuat setiap hari. Saksikan infrastruktur modern China, gedung pencakar langit dan mall perbelanjaan. Menjadi bagian dari kehidupan malam.
Berikut adalah 10 kota terbesar yang ada di Cina dan berpenduduk lebih dari 7 juta jiwa. Kota besar di Tiongkok dikenal dengan sebutan “Pabrik Dunia”, meski tidak semua disebut dengan kota pabrik.

 

1. SHANGHAI
.

 

Terletak di Delta YangTze China Tengah, Shanghai adalah kota yang terbesar dan terbaik di China. Namanya yang berarti pusat dagang, Shanghai memiliki pelabuhan terbesar dan tersibuk, kawasan bisnis besar, 2 bandara besar yaitu Pudong dan Honggiao, kereta tercepat di dunia yang bernama Maglev dan jaringan jalan yang luas.
.
2. BEIJING
.

 

Lokasi dekat Teluk Bohai, Barat laut China, Populasi 19 juta orang. Beijing kota yang paling utama, karena menjadi ibukota China. Politik, pendidikan pusat kebudayaan dengan industri , iptek dan riset dan yang mendominasi industri besar. Memiliki bandara terbesar di dunia dan mahal, kebanyakan system subway.
.
3. GUANGZHOU
.

 

Kota Guangzhou yang populasinya 11 juta orang terletak di kawasan yang disebut dengan The Pearl River Delta, tenggara Cina. Guangzhou termasuk kota kawasan industri besar, seperti produk pakaian, elektronik, barang-barang plastik, mainan anak2 dikapalkan dari kota ini ke seluruh dunia.
.
4. HONG KONG
.

 

Hong Kong yang terletak di The Pearl River Delta, Tenggara Cina adalah salah satu Macan Asia dalam kekuatan ekonomi yang memiliki standar hidup mirip dengan kota-kota besar di negara-negara Barat dan populasinya lebih tinggi yaitu 7 juta jiwa. Adalah yang sangat maju di antara kota-kota lain di China dengan biaya hidup paling tinggi. Industri utama di Hong Kong adalah sektor layanan jasa termasuk keuangan, komunikasi dan investasi asing. Memiliki pelabuhan terbesar ketiga di dunia, tapi tidak seperti pelabuhan di Tiongkok lain, ekspor utamanya datang dari kota-kota Cina lain.
.
5. TIANJIN
.

 

Tianjin terletak di Teluk Bohai, timur laut China. Kota yang berpenduduk 11 juta orang ini adalah pusat industri dan pelabuham besar di teluk Bohai. Keterikatan secara historislah dengan Grand Canal, terhubung dengan Sungai YangTze dan Sungai Kuning, mampu menampung lebih dari 10 juta kontainer per tahun, dan menjadi gerbang kapal ke Beijing yang hanya berjarak 70 kilometer ke arah barat laut.
.
6. SHENZEN
.

 

Shenzen yang terletak di antara kota Guangzhou dan Hong Kong adalah pusat industri yang terus bergerak sepanjang malam. Mengikuti kesuksesan tetangganya dalam hal hasil industri menempati rangking ke empat di China, industri produk teknologi yang lebih tinggi dibanding Guangzhou secara umum.
.
7. DONGGUAN
.

 

Kota Dongguan sedikit dikenal tetapi kota industri yang besar di antara kota Guangzhou dan Shenzen, menempati posisi ke 4 di Cina dalam hal eksport. Dongguan juga tumbuh berkembang sangat fenomenal dalam beberapa puluh tahun terakhir. Di sana mempekerjakan sejumlah besar tenaga kerja pabrik, beberapa bagian produk elektronik dan perangkat lainnya seperti untuk keperluan komputer

 
 

8. TAIPEI
.

 

Terletak di tenggara China, Kota Taipei adalah yang berprospek menjadi Macan Asia lain dalam hal ekonomi. Dipertimbangkan menjadi kota dunia yang berkembang, industri utamanya adalah tekstil dan elektronik. Taipei yang berpenduduk 8 juta jiwa adalah ibukota Taiwan atau Republik China yang tidak diakui merdeka, hampir mendapatkan otonomi penuh.
.
9. CHENGDU
.

 

Kota Chengdu yang terletak di The Sichuan Basin, Tiongkok Tengah adalah pengecualian diantara kota-kota besar Tiongkok. Adalah daerah perkotaan dari 7 juta jiwa lebih yang buka di China Timur yang dekat pantai Pasifik. Kota terbesar yang kebanyakan berpegunungan di Cina Barat dan konsentrasi penduduk di Sichuan Basin. Industri memainkan peranan dalam perekonomian. Kota yang paling tenang diantara kota-kota besar Tiongkok. Chengdu menjadi kota besar tersendiri di Propinsi Sichuan
.
10. HANGZHOU
.

 

Hangzhou adalah kota di Tiongkok terletak di Delta Sungai Yangtze, China Tengah. Penduduknya 7 juta jiwa. Jadi salah satu kota di daratan Cina yang berprospek dalam hal pendapatan per kapita. Hangzhou memiliki aneka industri dari permesinan, tekstil hingga IT. Memiliki jaringan jalan yang luas, bersih. Semua itu seperti terpelihara baik.

 
 

Sumber : www.chinahighlights.com. Translated by : kupilih

 
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 

Author: kupilih

me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *