MINUMAN PANAS, BERBAHAYAKAH ?


 
Minum minuman seperti kopi, teh, susu dan minuman lain yang perlu diseduh dengan air yang mendidih memang sangat digemari oleh banyak orang. karena kalau tidak diseduh dengan air mendidih minuman tersebut jadi tidak terasa nikmat diminumnya. Namun tahukah anda bahwa minuman panas disamping memiliki kenikmatan tersendiri apalagi ketika dalam suasana yang dingin, ternyata juga ada resiko yang dapat mengganggu kesehatan. sebelumnya sebuah studi dari organisasi kesehatan dunia (who ) mengatakan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi resiko terkena kanker hati dan rahim. namun badan penelitian internasional who untuk kanker (iarc) kemudian merubah keputusan dengan mengikuti evaluasi baru dari 500 lebih penelitian tentang hubungan antara kanker tenggorokan (aesophagel) dengan minuman panas seperti kopi, teh, susu dan mate. mate adalah minuman herbal khas yang populer di amerika Selatan. direktur iarc, dr christopher wild, mengatakan: “hasil ini menunjukkan bahwa minum minuman dengan suhu yang sangat panas adalah salah satu kemungkinan yang bertanggung jawab atas penyebab penyakit kanker esophagus. Presiden Asosiasi Kopi Nasional (NCA), Bill Murray berkata: “Temuan ini merupakan kabar yang sangat baik dan signifikan bagi para penikmat kopi, teh dan minuman panas lainnya. Para ilmuwan di belakang temuan ini juga menyarankan agar para penggemar kopi, teh supaya membiarkan minuman mereka lebih dingin terlebih dahulu terutama jika mencampurkannya dengan susu. Dr. Rachel Thompson, Kepala Interprestasi Penelitian di World Cancer Research Fund atau Dana untuk Penelitian Kanker Dunia mengatakan: “Penelitian baru yang menunjukkan bahwa minuman panas menjadi penyebab resiko timbulnya kanker tenggorokan (esofagus), sangat menarik. Analisis Penelitian kami sebelumnya juga menemukan bukti yang sama terhadap minuman herbal Amerika Selatan yang pedas panas melalui sedotan logam. Oleh karena itu tidak mengherankan jika hal itu mencerminkan minuman lain yang sejenis yang bersuhu sangat tinggi. Untuk pencinta minuman teh dan kopi, temuan ini bukan berarti jadi larangan untuk menikmati minuman yang sudah sangat populer di dunia tersebut, namun disarankan agar membiarkan lebih dulu minuman itu lebih dingin.

(Sumber : independent.co.uk. Terjemahan : kupilih)

 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 
Gimana sih caranya kurangi ngopi ? Ikuti yg berikut !
Banyak pikiran ? Ini kiat-kiat sederhana mengatasinya !
Hal-Hal positif yang didapat dari tersenyum

10 NEGARA PERAIH MEDALI TERBANYAK DI 5 OLIMPIADE TERAKHIR DALAM TABEL

OPINI OLAHRAGA

Dunia olahraga dalam beberapa puluh tahun terakhir, khususnya untuk pesta olahraga sedunia yang disebut dengan Olimpiade selalu diwarnai dengan pemecahan rekor dalam catatan waktu. Dalam perolehan medali, Amerika Serikat, negara-negara Eropa Timur, Eropa Barat ditambah dua atau tiga negara dari Asia, masih masuk dalam 10 besar pringkat. Untuk peringkat teratas masih didominasi oleh Negeri Paman Sam Amerika Serikat. Sedangkan Cina sempat mencuri dominasi Amerika Serikat ketika Olmpiade berlangsung di Beijing China tahun 2008. Berikut adalah 5 tabel Olimpiade terakhir yang berisi 10 peringkat teratas dalam perolehan medali :

medali olympic 88a
 
Pada Olimpiade yang diadakan di Korea Selatan tahun 1988, tampak urutan 1 dan 2 ditempati oleh Uni Soviet dan Jerman Timur. Uni Soviet yang waktu itu masih menjadi salah satu negara adidaya selain Amerika Serikat, mendominasi olahraga Olimpiade termasuk sekutunya yang disebut blok timur yaitu pecahan negara Jerman yaitu Jerman Timur. Sementara peringkat ke tiga dan keempat ditempati oleh Amerika Serikat dan tuan rumah Korea Selatan. Urutan di bawahnya ditempati oleh beberapa negara barat dan timur.

medali olympic 92a
 
Negeri Matador Spanyol mendapat giliran menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 1992 yang diadakan di kota Barcelona. Bisa dilihat di peringkat satu ada negara yang bernama Unified Team. Itu adalah negara-negara pecahan dari Uni Soviet sebelumnya. Berarti mereka masih sempat mendominasi olahraga dunia khususnya Olimpiade. Sementara Amerika Serikat membuntuti di urutan kedua, diikuti oleh Jerman yang sudah bersatu lalu China di urutan keempat. Negeri Tirai Bambu China kali ini membuat lompatan luar biasa karena dari urutan di luar 10 besar langsung menempati posisi ke empat peringkat.
medali olympic 2004 athenaa
 
Pada Olimpiade yang diadakan di kota Athena Yunani tahun 2004, terlihat dalam tabel, Tiongkok mulai merangsek ke posis 5 besar, yaitu di posisi kedua di bawah Amerika Serikat. Dengan mengungguli Negara bekas Uni Soviet yaitu Rusia dan beberapa negara Eropa Barat dan Jepang. Cina terus menempel Amerika Serikat.

medali olympic 2008 beijinga
 
Inilah puncaknya Cina mengungguli negara-neagar seluruh dunia dalam hal olahraga. Cina menempati peringkat teratas untuk pengumpulan medali. Bahkan terlihat agak jauh dibanding dengan peringkat kedua yang ditempati oleh negeri Paman Sam Amerika. Pada Olimpiade yang diadakan di kota Beijing China ini, negara-negara yang masuk dalam 10 besar peringkat atas masih diisi oleh negara Eropa Barat dan Rusia pluas Australia dan Korea Selatan serta Jepang.
medali olympic 2012 londona
 
Olimpiade tahun 2012 diadakan di negara Eropa yaitu Inggris di kota London. Kali ini Tiongkok harus mengakui keunggulan Amerika Serikat untuk memuncaki posisi teratas. Cina menempati urutan kedua disusul oleh tuan rumah Inggris, Rusia dan beberapa negara Eropa lain plus Korea Selatan dan Australia.
 
Dari lima penyelenggaraan Olimpiade tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa negara-negara Eropa dan Amerika Serikat terus mendominasi dunia olahraga. Untuk Asia masih diisi oleh China dan Korea Selatan. Amerika Latin dan Afrika belum bisa bersaing untuk masuk 10 besar. Bagaimana dengan negara Asia lain ? Termasuk Indonesia ? Akankah pada Olimpiade di Rio Brasil tahun 2016 ada sebuah perkembangan yang menarik ? Kita tunggu !
 

Tabel:(wikipedia)

 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 

PIALA DUNIA 2018 DI RUSIA

Piala DUnia 2018Kejuaraan Sepakbola Piala Dunia FIFA tahun 2018 merupakan kejuaraan yang ke 21. Turnamen sepak bola internasional empat tahunan tersebut diikuti oleh tim nasional dari anggota FIFA yang akan berlangsung di Rusia, dari tanggal 14 Juni sampai 15 Juli 2018. Rusia mendapat jatah tuan rumah World Cup 2018 yang drawingnya pada tanggal 2 Desember 2010. Ini merupakan Piala Dunia FIFA pertama yang diadakan di daerah bekas negara Uni Soviet dan yang pertama akan diselenggarakan di Eropa sejak tahun 2006 di Jerman lalu.
Turnamen akan melibatkan 32 tim nasional, yang meliputi 31 tim ditentukan melalui kompetisi kualifikasi dan tim tuan rumah secara otomatis memenuhi syarat. Sebanyak 64 pertandingan akan dimainkan di 12 stadion yang berada di 11 kota. Grand Final diperkirakan akan berlangsung di Stadion Luzhniki Moskow.
Para pemenang akan lolos ke Piala Konfederasi FIFA 2021.
 
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 
Negara-2 Yg Pernah Menjuarai Piala Dunia
Serbuan pemain bola Afrika yang memang fenomenal!
Lain Piala Dunia, Lain Pula Piala Eropa
HASIL PERTANDINGAN & KLASEMEN LIGA EROPA

SEJARAH SINGKAT BUDAYA CINA

Negeri Cina atau Tiongkok yang sukses sudah berlangsung sejak lama. Jauh sebelum abad Masehi, masyarakat purba China sudah mampu menemukan peralatan penting, seperti kompas, kertas, dan kode biner komputer. Para ilmuan Barat juga mengakui bahwa budaya China tidak tertandingi dalam sejarah umat manusia. Budaya tersebut memiliki banyak sekali rahasia tentang motivasi dan kesuksesan sejak zaman dulu. Mereka percaya budaya China berlangsung sepanjang masa. Bukti konkretnya adalah manakala peradaban-peradaban kuno lain, seperti Sumeria, Babilonia, Mesir, Romawi, dan Yunani timbul tenggelam ditelan waktu, budaya China tetap bertahan terus. Dalam seni bangunan, misalnya. Salah satu peninggalan bangunan yang penting di China adalah Tembok Besar atau Great Wall. Tembok ini dibangun sejak masa pemerintahan Dinasti Chin untuk membendung masuknya bangsa pengembara dari utara, misalnya Suku Hsiung Nu, ke daratan China. Pembangunan Tembok Besar dilanjutkan oleh dinasti-dinasti berikutnya, sampai Dinasti Ming (1364-1644 sehingga panjangnya yang semula 2.250 km lalu mencapai 7000 km. Berapa tinggi Tembok Besar di Cina itu ? Yaitu 16 m dan lebar 8 m. Pada jarak tertentu, didirikan benteng pertahanan yang dijaga ketat oleh prajurit. Kini tembok tersebut masih kokoh berdiri dan dijadikan andalan komoditas pariwisata China yang mendatangkan banyak devisa. Keramik juga merupakan salah satu peninggalan budaya bangsa China yang bermutu tinggi. Keramik yang berglasur (diberi lapisan keras yang berkilap serta porselin China yang indah dibuat dengan teknik yang tinggi. Mangkuk, cawan, dan piring-piring keramik China dikenal di Eropa, juga di Indonesia. Tiap-tiap dinasti di China meninggalkan jenis keramiknya masing-masing.
Dalam zaman Dinasti Han, bangsa China telah menemukan kertas pada sekitar tahun 15 M serta tinta sehingga dikenal adanya istilah “Tinta China”. Bangsa Tiongkok juga menemukan tik gerak (movable type), yaitu blok-blok kayu dengan huruf-huruf yang dicungkil keluar. Penemuan kertas dan alat cetak tersebut memungkinkan adanya penerbitan buku-buku dalam jumlah yang besar dan dengan harga murah. Bangsa China termasuk bangsa yang sangat memerhatikan tulisan. Penemuan kertas dan alat cetak juga membantu penyebaran karya sastra di Cina. Para pujangga China yang terkenal antara lain :
1. Szema Tzien yang hidup pada masa Dinasti Han. Ia menulis buku sejarah berjudul Shi-Ji yang meliputi zaman purba hingga masa pemerintahan Han Wuti.
2. Li Tai Po, seorang penyair yang hidup pada zaman Dinasti Tang.
Sebagai bukti peninggalan budaya yang keempat adalah astronomi. Ilmu pengetahuan yang telah berkembang sejak zaman dongeng antara lain astronomi atau ilmu perbintangan. Ilmu astronomi digunakan untuk :
1. Menentukan penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan.
2. Meramal masa depan manusia dan masa depan negara, khususnya saat memasuki Tahun Baru Imlek.
3. Mengetahui saat terjadinya gerhana matahari dan bulan.
4. Mengetahui perputaran atau pergantian musim yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat seperti pertanian dan pelayaran.
Dalam bidang filsafat, China juga sangat kompeten. Misalnya, ketiga pemikir yang hidup di zaman Dinasti Zhou. Ajaran mereka muncul sebagai reaksi terhadap pemerintahan yang korup serta akhlak masyarakat yang merosot.
Dalam bidang filsafat, misalnya ajaran Lao Tse (605-531 SM) menuangkan semangat keadilan dan kesejahteraan disebut Taoisme.
Berikutnya Kung Fu Tse (551-479 SM) menekankan moral yang bobrok dapat diperbaiki dengan membangun kembali keselarasan dalam masyarakat meliputi semua pihak-pemerintah dan rakyat. Filsuf ketiga Meng Tse (372-280 SM) ia melengkapi ajaran Kung Fu Tse bahwa manusia itu pada dasarnya baik jika terdapat keselarasan masyarakat sehingga pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Hasilnya, budaya China bertahan sangat lama karena kuat, praktis, dan penuh kearifan. Apalagi didukung oleh para pemimpin yang hampir selalu mempelajari jiwa manusia dan menulis beberapa teks kuno, seperti I Ching dan Tung Shu. Dari masa kuno juga, terwariskan buku-buku tentang filsafat Tao dan filsafat Sun Tzu yang mampu memberikan wawasan, pedoman, aturan, dan prinsip tentang kesuksesan, pengelolaan usaha, keluarga, pendirian Negara, strategi, bahkan perang. Konon, rahasia utama budaya China adalah memadukan pelajaran tentang motivasinya dengan seni pada berbagai benda yang indah dan rumit. Artinya, filosofi motivasi China diterjemahkan ke dalam sesuatu yang memiliki daya Tarik, gaib, dan mistis. Dengan demikian, motivasi China banyak mengandung kecerdasan sehingga dipandang memiliki corak yang indah dan cemerlang.
Sejak abad ke-17, peneliti-peneliti barat, menerjemahkan teks-teks kuno China, sehingga dunia mengenal Feng Shui (Ilmu tata letak bangunan), akupuntur, akupresur, dan refleksiologi (Ilmu Pengobatan), teori Yin-Yang (Keseimbangan hidup), dan berbagai ilmu ramalan. Hubungan (Guanxi) saling percaya dikalangan orang China sebagai ajaran konfisius adalah hubungan antar sahabat, jika orang China suka pada seseorang, ia akan cepat mengatakan Pengyou (Sobat). Jika sungguh suka dan percaya, ia akan memakai istilah Lao Pengyou (Sobat lama).
Sikap percaya ini berbeda dibanding sikap percaya yang dibangun dalam institusi modern kehidupan modern, termasuk ekonomi, tidak bisa bertahan jika tidak ada kepercayaan. Dapat dikatakan kepercayaan di dunia modern diletakkan berdasar kepastian hukum. Namun, kepercayaan dikalangan orang China dibangun atas dasar yang berbeda. Kepercayaan di Kalangan orang China didasarkan kekeluargaan, kedaerahan, alumni sekolah, dan persahabatan.

 

Sumber : https://www.misterinewsonline.com/

 
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 

10 Jenis hewan yang ada dalam nasehat dan peribahasa

utk 10 peribahasa1

Jenis hewan atau binatang secara keseluruhan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, entah hewan itu bernasib buruk atau baik. Berikut adalah 10 jenis binatang atau hewan yang sebetulnya para hewan itu tidak tahu menahu kenapa dilibatkan dengan urusan manusia. Para binatang itu masuk dalam kata-kata nasehat dan peribahasa, misalnya :

1. Lebih baik berjalan di belakang SINGA daripada berjalan di belakang wanita. Perkataan ini berasal dari salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khottob r.a. yang maknanya adalah nafsu syahwat birahi yang tidak bisa dikontrol lebih berbahaya dunia akhirat dibanding dengan serangan seekor singa yang hanya bisa membunuh.

2. Seperti KATAK dalam tempurung. Artinya setinggi-tinginya lompatan, namun karena berada di dalam lingkungan pergaulan yang berpikiran sempit, maka hasil dari kerjaannya kurang berkualitas.

3. Meskipun keluar dari pantat AYAM, kalau itu sebutir telur maka ambillah ! Tapi kalau yang keluar itu dari pantat manusia, kalau yang keluar adalah … ada yang mau mengambil ? Bisa di umpamakan seseorang yang penampilannya kurang bagus atau jelek rupa atau orang yang kelihatan miskin yang sedang bicara kebaikan dan kebenaran. Tapi karena penampilannya nggak enak dilihat, kurang meyakinkan, maka orang lain akan sulit mempercayai omongannya. Istilahnya jangan melihat orangnya tapi dengarkan

4. Seekor KELEDAIpun tidak mau tersandung batu yang sama. Maksudnya sangat bodoh kalau manusia ada yang melakukan kesalahan yang sama berulangkali.

5. Setinggi-tingginya BANGAU terbang akan kembali ke pelimbahan juga. Seseorang yang pergi berkelana atau merantau ke negeri orang suatu saat nanti akan rindu ingin pulang ke kampung halamannya, kangen akan suasana kampung, kangen akan makanannya yang ternyata lebih enak dibanding di perantauan.

6. Sepandai-pandainya TUPAI melompat, suatu saat akan terjatuh juga.Sepintar-pintarnya seseorang, suatu waktu akan terlihat kelemahannya. Tidak ada yang sempurna. Nobody perfect.

7. KUMAN di seberang lautan kelihaan sementara GAJAH di pelupuk mata tak tampak. Yang jadi fokus perhatian hanya hal-hal yang kecil saja. Sementara ada seseuatu yang lebih penting yang berada nggak jauh malah terabaikan

8. ANJING menggonggong kafilah berlalu.Bisa perumpamaan untuk seseorang yang teguh pada pendirian dan keyakinan, tak tergoda oleh godaan, ejekan ataupun hinaan orang-orang yang mengganggu.

9. Seperti membeli KUCING dalam karung. Telitilah sebelum membeli. Kalau kita berminat membayar untuk sebuah barang, harus cermat. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai barang tersebut

10. GAJAH mati meninggalkan gading, MACAN mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Pertanyaan : Apa persamaannya manusia PRIA hidung belang dengan MACAN belang ? Jawaban : Yang pasti kedua-duanya hidungnya nggak belang. (Maaf, sedikit selingan). Jadi arti pepatah tadi adalah setiap mahluk mempunyai ciri khas dan kebiasaan masing-masing selama hidup di dunia. Manusia setelah mati maka oleh orang yang masih hidup yang mengenalnya akan dikenang sebagai, misalnya : “Oh, almarhum dulunya tukang anu”, “Oh, Bapak yang kemarin wafat itu mantan direktur PT Anu” dan sebagainya.

Masih banyak lagi jenis atau spesies binatang yang ikut “dilibatkan” dalam rangkaian kalimat atau kata-kata perumpamaan yang dibuat oleh manusia, seperti :
Ibarat ikan di laut. Air laut memang asin, tapi ikannya tidak asin. Artinya : Seseorang yang tidak terpengaruh dengan lingkungan, tidak terbawa arus di sekelilingnya. Tetap menjadi dirinya sendiri.
Alis matanya sangat indah bak semut beriring. Menggambarkan kecantikan alami.
Serigala berbulu domba. Artinya: Orang yang sedang menyusup dan pura-pura menjadi orang lain yang akan ditipunya.
Musang berbulu ayam. Artinya kurang lebih sama dengan yang di atas.
Kura-kura dalam perahu.. Kalau yang ini artinya apa yah ? …
Wanita si kupu-kupu malam. Perumpamaan yang artinya perempuan yang bekerja di malam hari dengan penampilan yang cantik dan menarik perhatian orang.
Laki-laki buaya darat. Perumpamaan dari kelakuan lelaki yang sudah kelewat batas karena senang berpetualang dengan banyak wanita.
Jadi kelinci percobaan. Maknanya seorang diperalat oleh orang lain untuk maksud dan tujuan tertentu.
Mati semut karena manisan. Manyukai sesuatu itu janganlah berlebihan. Bisa saja sesuatu yang berlebihan itu membuat susah dan menyakitkan. Seperti makan yang kita suka kalau terlalu berlebihan bisa bikin sakit perut
Ibarat tikus mati di lumbung padi.
Lepas dari mulut harimau masuk ke mulut buaya. Hanya ada dua pilihan yang ada dan ironisnya sama-sama tidak menyenangkan.
Lain padang lain belalang lain lubuk lain ikannya. Sebuah daerah pasti memiliki keunikan penduduknya masing-masing, budayanya berbeda-beda.
Lebih baik menjadi ikan besar di kolam kecil daripada menjadi ikan kecil di kolam besar Menjadi bos untuk usaha sendiri meskipun usaha kecil, itu lebih baik daripada menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan besar.
Jinak-jinak burung merpati. Kukejar kau lari kudiam kau hampiri.
Seperti anak ayam yang kehilangan induknya. Misalnya sebuah perkumpulan, pasukan perang dan komunitas apapun, kalau tidak ada seorang pemimpinnya atau pimpinannya pergi, maka anggotanya atau pasukannya akan kacau balau, kebingungan bergerak ke sana kemari tanpa arah, tanpa ada visi dan misi yang biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin.
Benarkah kecoa itu lambang perusak suasana ?
Ada udang di balik batu. Maknanya :Seseorang yang punya niat tertentu dengan pekerjaan yang sedang dia lakukan. Ada maunya.
Seperti kerbau yang dicocok hidungnya. Perumpamaan seseorang yang tidak berdaya, ditarik kemanapun ikut, disuruh kemanapun tidak bisa nolak.
1. “Anak saya memang KUTU buku, hobinya baca melulu”
2. Dulu pernah ada istilah komputer JANGKRIK, yaitu satu set komputer rakitan sendiri, bukan komputer bermerk terkenal yang lebih mahal harganya.
3. “Eh ! Lu gw kasih tau yah ! Gw ini mantan BAJINGan, jadi lu jangan macem-macem deh di sini!
4. “Tuh orang bengong aja kayak KAMBING congek”
5. Legenda musik Iwan Fals mengibaratkan koruptor sebagai TIKUS dalam lagunya yang berjudul “Tikus-tikus kantor”
Dan lain-lain.
Lalu hewan atau jenis binatang apakah yang belum diburu manusia untuk dijadikan bahan nasehat ?
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 

NEGARA-NEGARA YANG PERNAH MENJUARAI SEPAKBOLA PIALA EROPA

Piala Eropa UEFA dalam setiap penyelenggaraannya selalu menarik perhatian seluruh dunia termasuk Indonesia. Boleh jadi turnamen empat tahunan ini hanya kalah pamor dengan Piala dunia FIFA. Berikut adalah negara-negara yang pernah menjadi juara Piala Eropa :
1. UNI SOVIET. Negeri yang belum terpecah menjadi beberapa negara di Eropa Timur ini sukses menjuarai Piala Eropa yang diadakan pertama kailnya pada tahun 1960. Dengan mengalahakan kesebelasan Yugoslavia dengan skor 2-1. Piala Eropa UEFA yang pertama kali ini digelar di Perancis dan hanya diikuti oleh empat kesebelasan.
2. TIM MATADOR SPANYOL yang juga merupakan tim tuan rumah akhirnya sukses untuk menjadi juara Piala Eropa pada tahun 1964 ini dengan menekuk tim juara bertahan sebelumnya yaitu Uni Soviet dengan skor tipis 2-1.
3. Piala Eropa yang ketiga diadakan di negeri Pisa Italia pada tahun 1968. Dengan dukungan penuh penonton, TIM TUAN RUMAH ITALI pun merebut gelar juara untuk pertama kalinya dengan mengalahkan tim dari Eropa TImur yaitu tim Yugoslavia dengan skor 2-0.
4. Kali ini TIM JERMAN yang masih bernama Jerman Barat kebagian untuk juara Piala Eropa pertama kalinya dengan mengalahkan kesebelasan Uni Soviet dengan skor cukup meyakinkan yaitu 3-0. Bertindak sebagai tuan ruma di kejuaraan ini adalah negara Belgia yaitu pada tahun 1972.

Trio legendaris Timnas Perancis & Belanda. Sukses di Piala Eropa 1984 dan 1988
Trio legendaris Timnas Perancis & Belanda. Sukses di Piala Eropa 1984 dan 1988

5. Yugoslavia yang belum terpecah menjadi beberapa negara, menjadi tuan rumah Piala Eropa UEFA yang kelima pada tahun 1976. Namun tuan rumah belum bisa memanfaatkan sebagai tuan rumah untuk juara, karena Piala Eropa diraih oleh tim Eropa TImur lainnya yaitu CEKOSLOVAKIA dengan mengalahkan tim Panser Jerman Barat dengan adu penalti yang pertama kali dengan angka 5-3.
6. Pada tahun 1980 Negeri Pisa Italy kembali menjadi tuan rumah Piala Eropa berikutnya. Namun juaranya kembali diraih oleh TIM PANZER JERMAN BARAT dengan mengalahkan tim Belgia dengan angka 2-1. Tim Azzuri sendiri menempati posisi keempat di ajang tersebut.
7. TIM PERANCIS yang pada saat itu diperkuat oleh trio maut yang terdiri dari Michelle Platini, Alain Girese dan Jean Tigana dengan mantap menjuarai Piala Eropa yang diadakan di Perancis pada tahun 1984 dengan mengalahkan tim Matador Spanyol dengan skor 2-0.

8. Jerman Barat menjadi tuan rumah Piala UEFA di tahun 1988, namun juaranya direbut oleh TIM ORANYE BELANDA yang diperkuat oleh trio yang terkenal di era tersebut yaitu Ruud Gullit, Marco Van Basten dan Frank Rijkaard. Tim Belanda sukses menekuk tim beruang merah yaitu Uni Soviet dengan skor 2-0.
9. TIM UNDERDOG DENMARK yang juga mendapat julukan tim dinamit, berhasil mencuri perhatian dunia sepakbola dengan mengalahkan tim unggulan waktu itu yaitu tim Jerman Barat dengan skor 2-0. Piala Eropa UEFA yang diadakan tahun 1992 tersebut bertindak sebagai tuan rumah adalah negara Skandinavia yaitu Swedia.
10. Untuk pertama kalinya Jerman Barat yang sudah bersatu dengan Jerman Timur dan menjadi TIM JERMAN sukses menjuarai Piala Eropa tahun 1996 di Inggris dengan mengalahkan tim Ceko dengan angka 2-1. Piala Eropa kali ini adalah yang pertama kalinya menerapkan sistem sudden death golden goal, yaitu tim yang mencetak gol pertama kalinya pada saat perpanjangan waktu atau extra time maka tim itulah sebagai pemenang. Oliver Bierhoff yang pertama kalinya sebagai pencetak Golden Goal.

Oliver Bierhoff, pencetak gol "Sudden Death" pertama di sejarah sepakbola.
Oliver Bierhoff, pencetak gol “Sudden Death” pertama dalam sejarah sepakbola.

11. TIM AYAM JANTAN PRANCIS kembali menjadi kampiun Piala Eropa yang diadakan di dua negara yaitu Belgia dan Belanda pada tahun 2000. Perancis yang sebelumnya menjadi juara Piala dunia tahun 1998 dan sudah diperkuat oleh pemain hebat Zinedine Zidane berhasil mengalahkan Italia dengan skor 2-1 yang juga diwarnai dengan sudden death atau golden goal.

klasemen
Hasil pertandingan & Klasemen Liga EROPA musim ini !

12. Piala Eropa kali ini juga melahirkan kejutan karena TIM UNDERDOG YUNANI yang menjadi peserta pengganti tim Ceko, sukses menjuarai Piala Eropa tahun 2004. Tim Portugal sebagai tuan rumah yang waktu itu diperkuat oleh pemain-pemain hebat seperti Luis Figo, Rui Costa, Fernando Couto dll, tak mampu mengungguli disiplinnya tim Yunani. Portugal pun kalah dengan skor tipis 1-0.
13. Austria dan Swiss kali ini bertindak sebagai tuan rumah piala Eropa tahun 2008, namun tim mana yang sukses waktu itu ? Yaitu TIM MATADOR SPANYOL. Tim yang waktu itu memperkenalkan permainan tiki-taka gaya mereka, berhasil mengalahkan tim panser jerman dengan skor tipis 1-0. Pencetak gol tunggal di final tersebut yaitu Fernando Tores.
14. Dua negara Eropa Timur yaitu Polandia dan Ukraina menjadi tuan rumah Piala Eropa 2012. TIM TIKI TAKA yang diperkuat pemain-pemain berbakat seperti Iker Casilas, Andres Iniesta, David Silva, Xavi Hernandez dll, SPANYOL pun kembali sukses untuk kedua kalinya secara berturut-turut mengangkat trofi Piala Eropa setelah mengalahkan dengan skor telak tim azzuri Italy dengan angka 4-0.
15. Piala Eropa tahun 2016 diadakan di negeri Perancis. Tim manakah yang akan menjadi juaranya kali ini ? Jerman, tuan rumah Prancis, Inggris atau Italy atau tim yang lainnya ?
 
untuk juara eropa 2016 protugal
 
 
 
 
 
 
 
Yang pasti dalam setiap turnamen seperti PIALA EROPA ini ada saja yang menjadi daya tarik, seperti tim underdog yang bisa saja menjadi kejutan.
 
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 
Negara-2 Yg Pernah Menjuarai Piala Dunia
Yg Berikut : Piala Dunia di Negeri Dingin Rusia !
Ini perbedaan Bola Olimpiade dengan Yg Profesional !
HASIL PERTANDINGAN & KLASEMEN LIGA EROPA

SEPAKBOLA EROPA DAN KOMPETISINYA

foto:soccerballworld.com
Liga Inggris yang resminya disebut Liga Primer, kemudian ada liga Seri A dari Italia lalu Liga Spanyol yang terkenal dengan sebutan Liga Primera adalah contoh tiga kompetisi sepakbola yang ada di benua Eropa. Meskipun hanya diselenggarakan di benua biru tersebut, namun kepopuleran permainan si kulit bundar di sana sudah mewabah hampir ke seluruh dunia. Beberapa nama yang telah disebutkan tadi bahkan sudah menjadi sebuah industri besar yang sangat menguntungkan. Para investor besar dari negara-negara di luar Eropa seperti Amerika Serikat, Timur Tengah hingga Cina, ikut menanamkan modalnya di sebuah klub profesional. Dari Indonesia, seorang pengusaha Erick Tohir juga tak mau kalah. Dia saat ini menjadi presiden klub Seri A Italia Inter Milan. Sepakbola Eropa dengan kompetisinya yang terus bergulir setiap tahun dengan diselingi turnamen empat tahunan yaitu Piala Eropa, sudah berlangsung seratus tahun lebih. Sebuah contoh bagi siapapun dan negara manapun, bahwa sesuatu yang dijalankan secara konsisten dan disiplin maka akan menghasilkan kesuksesan yang tidak main-main seperti sepakbola Eropa itu. Begitu hebatnya kompetisi liga sepakbola Eropa tersebut, banyak negara-negara di luar Eropa yang kesebelasannya dilatih dengan sistem sepakbola gaya Eropa, termasuk Afrika. Beberapa pemain juga didukung oleh pemerintahnya untuk ikut pelatihan sepakbola di beberapa klub profesional di Eropa, seperti para pemain muda Indonesia yang pernah berlatih di Italia.
Dalam perjalanannya, roda kompetisi sepakbola Eropa yang bergulir juga tidak membosankan, karena selalu ada tim marketing yang mempromosikan ajang liga Eropa itu dengan bentuk yang bervariasi. Setiap tahun selalu saja ada ide yang menarik agar tontonan kompetisi sepakbola tidak membosankan. Ditambah dengan terus berkembangnya kemajuan teknologi yang spektakuler seperti digital dan internet, maka semakin menariklah pertandingan-pertandingan seapkbola yang digelar di Eropa. Tayangan sepakbola dari Eropa terus ditunggu-tunggu seluruh penggemar olahraga dunia.

 

foto:soccerballworld.com

 
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 
Negara-2 Yg Pernah Menjuarai Piala Dunia
Yg Berikut : Piala Dunia di Negeri Dingin Rusia !
Lain Piala Dunia, Lain Pula Piala Eropa
HASIL PERTANDINGAN & KLASEMEN LIGA EROPA