10 Jenis hewan yang ada dalam nasehat dan peribahasa

utk 10 peribahasa1

Jenis hewan atau binatang secara keseluruhan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, entah hewan itu bernasib buruk atau baik. Berikut adalah 10 jenis binatang atau hewan yang sebetulnya para hewan itu tidak tahu menahu kenapa dilibatkan dengan urusan manusia. Para binatang itu masuk dalam kata-kata nasehat dan peribahasa, misalnya :

1. Lebih baik berjalan di belakang SINGA daripada berjalan di belakang wanita. Perkataan ini berasal dari salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khottob r.a. yang maknanya adalah nafsu syahwat birahi yang tidak bisa dikontrol lebih berbahaya dunia akhirat dibanding dengan serangan seekor singa yang hanya bisa membunuh.

2. Seperti KATAK dalam tempurung. Artinya setinggi-tinginya lompatan, namun karena berada di dalam lingkungan pergaulan yang berpikiran sempit, maka hasil dari kerjaannya kurang berkualitas.

3. Meskipun keluar dari pantat AYAM, kalau itu sebutir telur maka ambillah ! Tapi kalau yang keluar itu dari pantat manusia, kalau yang keluar adalah … ada yang mau mengambil ? Bisa di umpamakan seseorang yang penampilannya kurang bagus atau jelek rupa atau orang yang kelihatan miskin yang sedang bicara kebaikan dan kebenaran. Tapi karena penampilannya nggak enak dilihat, kurang meyakinkan, maka orang lain akan sulit mempercayai omongannya. Istilahnya jangan melihat orangnya tapi dengarkan

4. Seekor KELEDAIpun tidak mau tersandung batu yang sama. Maksudnya sangat bodoh kalau manusia ada yang melakukan kesalahan yang sama berulangkali.

5. Setinggi-tingginya BANGAU terbang akan kembali ke pelimbahan juga. Seseorang yang pergi berkelana atau merantau ke negeri orang suatu saat nanti akan rindu ingin pulang ke kampung halamannya, kangen akan suasana kampung, kangen akan makanannya yang ternyata lebih enak dibanding di perantauan.

6. Sepandai-pandainya TUPAI melompat, suatu saat akan terjatuh juga.Sepintar-pintarnya seseorang, suatu waktu akan terlihat kelemahannya. Tidak ada yang sempurna. Nobody perfect.

7. KUMAN di seberang lautan kelihaan sementara GAJAH di pelupuk mata tak tampak. Yang jadi fokus perhatian hanya hal-hal yang kecil saja. Sementara ada seseuatu yang lebih penting yang berada nggak jauh malah terabaikan

8. ANJING menggonggong kafilah berlalu.Bisa perumpamaan untuk seseorang yang teguh pada pendirian dan keyakinan, tak tergoda oleh godaan, ejekan ataupun hinaan orang-orang yang mengganggu.

9. Seperti membeli KUCING dalam karung. Telitilah sebelum membeli. Kalau kita berminat membayar untuk sebuah barang, harus cermat. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai barang tersebut

10. GAJAH mati meninggalkan gading, MACAN mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Pertanyaan : Apa persamaannya manusia PRIA hidung belang dengan MACAN belang ? Jawaban : Yang pasti kedua-duanya hidungnya nggak belang. (Maaf, sedikit selingan). Jadi arti pepatah tadi adalah setiap mahluk mempunyai ciri khas dan kebiasaan masing-masing selama hidup di dunia. Manusia setelah mati maka oleh orang yang masih hidup yang mengenalnya akan dikenang sebagai, misalnya : “Oh, almarhum dulunya tukang anu”, “Oh, Bapak yang kemarin wafat itu mantan direktur PT Anu” dan sebagainya.

Masih banyak lagi jenis atau spesies binatang yang ikut “dilibatkan” dalam rangkaian kalimat atau kata-kata perumpamaan yang dibuat oleh manusia, seperti :
11. Ibarat ikan di laut. Air laut memang asin, tapi ikannya tidak asin. Artinya : Seseorang yang tidak terpengaruh dengan lingkungan, tidak terbawa arus di sekelilingnya. Tetap menjadi dirinya sendiri.
12. Alis matanya sangat indah bak semut beriring. Menggambarkan kecantikan alami.
13. Serigala berbulu domba. Artinya: Orang yang sedang menyusup dan pura-pura menjadi orang lain yang akan ditipunya.
14. Musang berbulu ayam. Artinya kurang lebih sama dengan yang di atas.
15. Kura-kura dalam perahu.. Kalau yang ini artinya apa yah ? …
16. Wanita si KUPU-KUPU malam. Perumpamaan yang artinya perempuan yang bekerja di malam hari dengan penampilan yang cantik dan menarik perhatian orang.
17. Laki-laki BUAYA darat. Perumpamaan dari kelakuan lelaki yang sudah kelewat batas karena senang berpetualang dengan banyak wanita.
18. Jadi KELINCI percobaan. Maknanya seorang diperalat oleh orang lain untuk maksud dan tujuan tertentu.
19. Mati SEMUT karena manisan. Manyukai sesuatu itu janganlah berlebihan. Bisa saja sesuatu yang berlebihan itu membuat susah dan menyakitkan. Seperti makan yang kita suka kalau terlalu berlebihan bisa bikin sakit perut
20. Ibarat TIKUS mati di lumbung padi. Karena sifatnya yang serakah, kesenangan akan sesuatu yang berlebihan bisa membahayakan diri sendiri.
21. Lepas dari mulut HARIMAU masuk ke mulut BUAYA. Hanya ada dua pilihan yang ada dan ironisnya sama-sama tidak menyenangkan.
22. Lain padang lain BELALANG lain lubuk lain IKANNYA. Sebuah daerah pasti memiliki keunikan penduduknya masing-masing, budayanya berbeda-beda.
23. Lebih baik menjadi IKAN besar di kolam kecil daripada menjadi IKAN kecil di kolam besar Menjadi bos untuk usaha sendiri meskipun usaha kecil, itu lebih baik daripada menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan besar.
24. Jinak-jinak burung MERPATI. Kukejar kau lari kudiam kau hampiri.
25. Seperti anak AYAM yang kehilangan induknya. Misalnya sebuah perkumpulan, pasukan perang dan komunitas apapun, kalau tidak ada seorang pemimpinnya atau pimpinannya pergi, maka anggotanya atau pasukannya akan kacau balau, kebingungan bergerak ke sana kemari tanpa arah, tanpa ada visi dan misi yang biasanya dimiliki oleh seorang pemimpin.
26. Benarkah KECOA itu lambang perusak suasana ?
27. Ada UDANG di balik batu. Maknanya :Seseorang yang punya niat tertentu dengan pekerjaan yang sedang dia lakukan. Ada maunya.
28. Seperti kerbau yang dicocok hidungnya. Perumpamaan seseorang yang tidak berdaya, ditarik kemanapun ikut, disuruh kemanapun tidak bisa nolak.
29. “Anak saya memang KUTU buku, hobinya baca melulu”
30. Dulu pernah ada istilah komputer JANGKRIK, yaitu satu set komputer rakitan sendiri, bukan komputer bermerk terkenal yang lebih mahal harganya.
31. “Eh ! Lu gw kasih tau yah ! Gw ini mantan BAJINGan, jadi lu jangan macem-macem deh di sini!
32. “Tuh orang bengong aja kayak KAMBING congek”
33. Legenda musik Iwan Fals mengibaratkan koruptor sebagai TIKUS dalam lagunya yang berjudul “Tikus-tikus kantor”
34. Lintah Darat. Istilah ini sempat populer digunakan untuk menyebut seseorang yang meminjamkan uangnya kepada orang lain namun dengan bunga yang berlipat-lipat banyaknya dan kalau orang yang berhutang tidak mampu bayar apapaun yang dimiliki orang tersebut akan disita dengan semena-mena.
35. Kelas teri. Istilah ini digunakan untuk menyebut seseorang atau kelompok yang karena kualitas kerjanya kurang bagus, atau wilayah kekuasaanya tidak besar.
36. Kelas kakap. Ini kebalikan dari kelas teri. Kelas kakap jelas seseorang yang memiliki kemampuan bagus dan memiliki kekuasaan besar.
37. Macan Podium. Ini adalah julukan untuk seseorang yang jago berbicara di depan orang banyak atau di depan publik. Kemampuannya berorasi bisa membuat para hadirin jadi sangat terkesima dan menarik perhatian.
38. Cacing kepanasan. Sebutan untuk kondisi di mana seseorang sedang terlihat gelisah, uring-uringan, entah karena gatal-gatal atau sakit mendadak dan tidak bisa diam. Maka orang yang melihatnya berkomentar seperti “Kaya cacing kepanasan aja”
39. Santri Kalong Ada orang yang belajar agama secara resmi, misal di pesantren, madrasah atau sekolah lainnya. Kalau Santri Kalong ini cara belajarnya seperti bergerilya, ngacak, tidak terikat kepada satu sekolah tertentu atau pesantren tertentu.
40. Cecunguk Hewan yang melambangkan seseorang yang dianggap remeh, dihina, kelas rendah yang sangat mudah dikalahkan atau dibasmi, bahkan tidak penting.
41. Kucing Dapur. Ada yang mengibaratkan orang yang pemalas dengan perumpamaan ini. Bisanya hanya menunggu datangnya kesempatan, tidak mau mencari ke sana-sini.
Dan lain-lain.
Lalu hewan atau jenis binatang apakah yang belum diburu manusia untuk dijadikan bahan nasehat ?
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
 

 
Istilah-Istilah Gaul Sepakbola Dari Masa ke Masa
 
Daftar Nama-2 Tanaman Yang Menggunakan Nama Hewan
 
Julukan Tim-2 Sepakbola Yang Memakai Nama Jenis Binatang
 

Author: kupilih

me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *