JUAL BELI

Segala kegiatan atau aktifitas antara manusia dengan manusia lainnya di mana yang satu memberi sebuah barang atau jasa kepada yang lainnya, kemudian yang lainnya langsung memberikan barang lain, terutama uang, ke yang satunya, baik yang bekas maupun yang baru, itu artinya sama dengan jual beli.
Makna dari jual beli sendiri bisa berbeda-beda. Ada jual beli yang seperti kaimat yang tertulis di awal artikel ini ada juga jual beli yang artinya dipengaruhi oleh peristiwa tertentu. Beberapa waktu yang lalu ada istilah jual-beli yang lahir dari situasi sosial yang tidak kondusif, seperti pertentangan antar kelompok yang berseteru. Salah satu kelompok karena merasa siap untuk meladeni tantangan kelompok yang mengancam, mengeluarkan ucapan yang akhirnya menjadi populer yaitu ucapan : “ENTE JUAL,ANE BELI!”
Dalam dunia olahraga, misalnya arena pertarungan tinju dan olahraga lain yang harus menggunakan tangan dan kakinya ke wajah atau tubuh lawan tandingnya, seperti karate, pencak silat, thai boxing dan semacamnya, bisa juga mempengaruhi makna istilah jual-beli menjadi jual-beli pukulan. Artinya dalam pertarungan itu benar-benar terjadi saling menyerang dengan sengit. Petinju A memberikan pukulan ke petinju B, sementara petinju B sambil menangkis pukulan A, dia membalas dengan pukulan pula ke arah petinju A.
Di jaman penjajahan sekitar beberapa abad yang lalu, jual beli bukan saja terjadi untuk penyerah terimakan barang saja, namun juga jual-beli untuk menukar manusia dengan uang yaitu ditebus. Jika manusianya berkualitas lebih baik, maka harganya akan lebih mahal. Itulah yang disebut perbudakan.
Akhirnya sekarang perbudakan sudah tidak diperbolehkan lagi keberadaannya. Agama juga sangat melarang kebgiatan perbudakan seperti itu.
Di dunia olahraga profesional, ada bursa transfer pemain yang dilakukan oleh banyak klub profesional. Sebuah klub karena ingin berprestasi lebih baik bahkan berambisi ingin juara, mengontrak beberapa pemain muda yang bertalenta. Dengan nilai kontrak yang sangat fantastis dan makin menggila, harga seorang pemain saja yang bisa tembus ke angka triliunan. Pihak klub menghubungi agen sang pemain itu lalu bernegosiasi harga, setelah tercapai kesepakatan, maka pemain itu diboyong ke markas klub untuk bermain di sana. Tapi bila pemain itu ternyata setelah dimainkan, penampilannya kurang sesuai harapan, bisa saja dia dijual lagi atau dipinjamkan sementara ke klub lain (tentu klub mendapat bayaran atas pinjaman tersebut).
Demikian juga di dunia politik sempat populer istilah “POLITIK DAGANG SAPI”. Ini mungkin yang sulit didefinisikan, karena dunia politik memang sukar ditebak. Tidak ada lawan dan kawan, yang ada hanya kepentingan.
Ada juga kegiatan jual beli yang dilarang atau liegal seperti jual beli bayi, perdagangan manusia, jual beli binatang langka yang dilindungi, baik dijual hidup-hidup maupun dijual dalam keadaan sudah mati untuk dimanfaatkan beerapa bagian tubuhnya yang bisa bernilai ekonomi tinggi.
Jual beli memang ada resikonya, kadang resiko untung kadang rugi. Rugi secara materi dan non materi.
 
 

Author: kupilih

me

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *