Daftar istilah untuk sepakbola dari dulu hingga kini

Istilah-istilah yang ada di dalam olahraga banyak, apalagi istilah tekniknya. Tapi di samping istilah teknis ada pula yang non-teknis seperti yang berikut. Ini khusus sepakbola saja :
1. Main sabun. Kedengarannya nggak nyambung yah dengan main bola. Tapi sebutan ini pernah ada dan menggambarkan permainan yang kurang sportif. Kedua tim tidak bermain sebagaimana mestinya, nggak serius. Salah satu sebab yaitu misalnya mau menghindar pada pertandingan berikut yang harus melawan tim kuat. Main jadi tidak fair antar dua kesebelasan.
2. Sepakbola gajah. Istilah ini sempat terkenal karena ada pertandingan di mana salah satu tim dengan sengaja mengalahkan dirinya sendiri, bahkan pernah dalam satu pertandingan, seorang pemain secara terang-terangan menendang bola masuk ke dalam gawang timnya sendiri.
3. Tos-tosan. Ini istilah untuk menyebut adu penalti, karena pertandingan masih sama kuat.
4. Tendangan dua belas pas. Istilah lama ini adalah nama lain dari tendangan penalti.
5. Libero. Adalah posisi seorang pemain bertahan di tengah tapi punya kemampuan menyerang ke depan. Dipopulerkan oleh Franz Beckenbauer pada tahun 1974.
6. Poros halang. Ini istilah lama yang artinya pemain yang berada di posisi bek tengah.
7. Tarkam. Singkatan dari antar kampung. Event acara sepakbola yang ini sifatnya tidak resmi.
8. Gaprak. Kata ini termasuk kata-kata gaul yang artinya menghadang dengan cara memblok bola yang sedang dibawa pemain lawan dengan kasar.
9. Sengkat. Kata gaul ini artinya tekel atau jegal.
10. WO. Singkatan dari … Artinya menang tanpa bertanding. Lawan tandingnya tidak hadir pada saat jadwal bermain yang ditentukan.
11. Tendangan pisang. Tendangan di mana bola mengarah ke gawang secara melengkung.
12. Anak gawang. Para anak-anak remaja yang berada di sisi lapangan saat pertandingan berlangsung. Keberadaannya untuk membantu kelancaran pertandingan.
13. Jenderal lapangan tengah. Pemain ini bertindak sebagai motivator pemain lain. Disebut lapangan tengah katena posisinya sebagai gelandang. Di samping sebagai kapten, pemain ini juga menjadi motor serangan.

Tim-tim sepakbola dan julukannya


14. Tim kuda hitam. Julukan bagi kesebelasan yang kurang diperhitungkan keberadaannya di sebuah turnamen.
15. Tim underdog. Sama dengan tim kuda hitam, tim yang kurang diunggulkan tapi tim ini bisa saja membuat kejutan dengan mengalahkan tim favorit.
16. Jago kandang. Julukan untuk sebuah tim yang menangnya selalu di stadion sendiri sebagai tuan rumah. Ketika main di kandang lawan malah sering kalah.
17. WAG.Singkatan dari Wife and girlfriend. Pacar atau isteri para pemain yang hadir untuk menyaksikan pasangannya sedang berlaga.
18. Nobar. Ini istilah belum lama. Kependekan dari nonton bareng. Istilah ini muncul di Indonesia jika ada final sepakbola Eropa, misalnya final liga Champion atau piala Eropa dan beberapa pertandingan yang mempertemukan tim favorit.
19. Big match. Mulanya istilah dipakai kalau pertandingan yang mempertemukan dua tim papan atas, namun belakangan semua pertandingan yang disiarkan di tivi, acara tersebut diberi judul big match.
20. Merumput. Seorang pemain bola yang bermain di lapangan.
21. Gocek. Istilah lama ini artinya melewati pemain lawan dengan cara tipuan sambil membawa bola.
Daftar negara-2 Yg Pernah Juara Piala EURO


22. Gacul. Menendang bola tapi arahnya langsung melambung agak vertikal.
23. Jemput bola Yaitu tindakan seorang striker yang mundur ke daerah belakang pertahanan timnya untuk mengambil bola sendiri karena dia tidak mendapatkan umpan sama sekali dari rekan setimnya yaitu para pemain tengah.
24. Sepakbola negatif. Biasanya terjadi di pertandingan antara kesebelasan yang jauh unggul secara teknik dibanding lawannya yang kalah kelas, sehingga tim yang kalah kelas tersebut bermain hanya bisa bertahan tanpa bisa menyerang karena takut kebobolan dan takut kalah.
 

 
25. Gol semata wayang. Seperti sebutan untuk anak tunggal, gol semacam ini artinya adalah satu-satunya gol yang tercipta dalam satu pertandingan hingga selesai, yaitu 1-0.
26. Hasil kacamata. Pertandingan sepakbola yang berakhir dengan hasil seri, 0-0.
27. Tendangan first time Tendangan yang dilakukan seorang pemain dari umpan rekan setimnya secara spontan tanpa diolah lagi.
28. Jago kandang. Gelar untuk sebuah tim yang menangnya cuma di stadionnya sendiri, begitu bertanding di stadion lawan, malah sering kalah.
29. Macan kotak penalti. Seorang yang jago beraksi untuk mencetak gol di daerah penalti tim lawan, sangat ditakuti oleh pemain belakang lawan.
30. Duel udara. Aksi perebutan bola dengan menyundul yang dilakukan dua orang pemain berbarengan.
31. Kampiun. Kata lain dari juara. Juara turnamen ataupun liga.
32. Tim gurem. Tim kesebelasan yang dianggap kurang ngetop, kurang terkenal karena prestasinya yang kurang bagus.
33. Angkat koper. Istilah ini digunakan untuk menyebut sebuah tim yang telah tersisih dari turnamen dan harus pulang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Biasanya tersingkir di babak penyisihan.
34. Gantung sepatu. Arti dari sebutan ini yaitu seorang pemain yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia persepakbolaan, berniat untuk tidak bermain bola lagi, entah karena alasan cedera parah berkepanjangan, karena faktor usia dan alasan lainnya.
35. Arsitek. Sebutan keren lain untuk seorang pelatih atau juga manajer dari sebuah klub kesebelasan sepakbola, baik klub maupun tim nasional sebeuah negara.
 
Istilah-istilah di atas bukan istilah resmi dalam teknis sepakbola. Munculnya karena mengikuti trend yang sedang terjadi. Istilah dalam sepakbola bisa juga pengaruh dari kata-kata gaul sehari-hari. Beberapa diantaranya sudah tidak digunakan lagi hingga muncul istilah baru lagi.
 
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail