MISTERI NAMA TANAMAN YANG MENGGUNAKAN NAMA HEWAN

Darimana asalnya dan siapa yang pertama kali memberi nama tanaman atau tumbuh-tumbuhan berikut ini dengan nama binatang ? Inilah daftar tanaman-tanaman tersebut yang memakai nama hewan dan semua itu ternyata ada manfaatnya bagi kita semua :
 

1. NANGKA LANDAK. Wah ini istilah buah jaman dulu, yaitu sirsak. Bahkan almarhum Benyamin Sueb sempat mengabadikannya menjadi sebuah lagu yang sempat jadi hit tahun 70-an. Buah sirsak ini rasanya asam-asam manis. Sangat enak untuk dimakan begitu saja atau juga enak untuk dibuat minuman seperti sirup, juice, manisan. “Kok disebut landak tapi durinya tidak seperti landak yah?”
2. UBI CILEMBU.Tumbuhan yang hidupnya menjalar ini sangat populer dengan nama ubi madu. Yang namanya madu tentu saja rasanya manis dan harum. Jemis tanaman ini dibudidayakan karena banyak kandungan gizinya seperti karbohidrat, protein dan lain-lain yang berguna bagi kesehatan.
3. LIDAH BUAYA.Pohon ini dari bentuknya saja jelas sekali menyerupai sebuah lidah (meski bukan sedang menjulur) dan di sisi-sisi daunnya itu ada semacam bulu seperti duri, jadi tidak berbentuk lembaran-lembaran seperti kebanyakan daun pada umumnya. Manfaat tanaman daun lidah buaya ini yang populer yaitu untuk shampo perawatan rambut dan ada juga orang yang mengolahnya untuk menjadi minuman sirup. Selain itu juga tumbuhan ini bisa jadi perhiasan yang menarik di sekitar rumah.
4. KUMIS KUCING.Darimanakah asal muasalnya orang Indonesia menamakan daun yang konon kabarnya berkhasiat untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan saluran air seni dan lain-lain tersebut ? Cara penyajian daun kumis kucing untuk obat biasanya dibuat seperti jamu-jamuan.
5. KUPING GAJAH. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk penghias alami di sekitar halaman rumah. Daunnya berbentuk besar-besar dan lebar, barangkali sebesar kuping gajah aslinya dan ada juga yang berbentuk kecil-kecil mungil. Kalau manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, terus terang belum ada kabar yang jelas.

Hubungan antara Hewan dengan Tim-tim sepakbola. Maksudnya ?


6. PISANG TANDUK. Bentuknya yang unik yaitu besar dan lebih panjang dari pisang jenis yang lain dan tentu saja mirip sebuah tanduk seekor binatang, seperti banteng, kerbau atau rusa yang besar. Lalu apa istimewanya ? Pisang tanduk ini sangat pas untuk dijadikan salah satu kuliner yang populer untuk masyarakat Indonesia yaitu pisang goreng dan pisang rebus. Meski demikian pisang tanduk jika dimakan seadanya juga cukup enak.
7. RAMBUTAN MACAN. Ini salah satu dari jenis buah yang berbulu lebat yaitu rambutan. Enak dan manis jika dimakan apa adanya tapi banyak juga beberapa produsen selei yang memproduksi produk mereka dengan buah ini dan untuk bahan pelengkap untuk roti selain mentega.Siapa dan darimanakah asalnya orang yang memberi nama rambutan jenis ini dengan memakai nama hewan yang menjadi raja hutan tersebut.
8. JAMBU MONYET. Nama lain buah ini yaitu jambu mede atau jambu mete. Inilah jenis buah jambu yang bentuk fisiknya sangat unik dan agak sulit dicari di pasaran. Ciri-cirinya yaitu bijinya tumbuh di luar yang terletak pada bagian atas. Selain buahnya yang enak dimakan seadanya, bijinya itulah bisa diolah menjadi makanan cemilan yang populer yaitu kacang mete. Karena barangkali bentuknya unik dan sulit dicari maka harganya jadi mahal seperti kacang metenya. “Berapa harga 1 kg kacang mete sekarang ?”
9. KOPI LUWAK. Tanaman yang dimanfaatkan bijinya untuk dijadikan minuman yang sangat digemari di seluruh dunia ini memanfaatkan seekor binatang sejenis musang. Setelah melalui proses biologis melewati pencernaan hewan yang disebut luwak tersebut, biji kopi kemudian diolah menjadi bubuk untuk diseduh menjadi salah satu minuman favorit yaitu minuman kopi.
10. AYAM SAYUR. SELINGAN. Istilah ini sempat populer menjadi istilah atau bahasa gaul untuk menyebut seseorang, terutama lelaki yang kurang jantan dan pengecut atau laki-laki yang kalah berkelahi. Apa yah manfaatnya ayam sayur itu ?
11. BUNGA BANGKAI.Nama lainnya yaitu bunga reflesia. Kenapa tanaman bunga yang identik dengan aroma yang harum semerbak wangi itu malah meminjam istilah yang identik dengan aroma yang tidak sedap ? Yang namanya bangkai, dari jenis binatang apapun pasti tidak ada yang suka dengan baunya. “Bagaimana dengan bangkainya burung pemakan bangkai yah?”
12. RUMPUT GAJAH.Rumput ini biasa dikonsumsi hewan herbivora seperti sapi, kerbau, lembu, kambing dan lain-lain karena mengandung nutrisi tinggi bagi mereka. Ukurannya sesuai dengan namanya, besar, banyak dibudidayakan di negara-negara Afrika dan daerah tropis karena daya tahannya terhadap cuaca ekstrim panas. Tapi ada juga yang berukuran kecil atau mini sebagai tanaman hias halaman rumah.
13. BUAH NAGA.“Oohh ternyata buah yang eksotis ini termasuk jenis kaktus yang berasal dari negeri Meksiko, Amerika Tengah dan juga dari Amerika Selatan”. Manfaatnya bisa untuk kesehatan dan kecantikan dan untuk bisa juga untuk obat kolesterol, diabetes dan lain-lain.

Manfaat tanaman dan hewan pasti ada bagi manusia, termasuk tanaman yang menggunakan nama hewan yang telah disebutkan di atas, baik dari fisiknya yang bisa dikonsumsi maupun penampilannya yang juga bisa untuk dipelihara atau tumbuh-tumbahan yang jadi perhiasan. Termasuk juga untuk pengobatan.

“Barangkali ada para pembaca yang pernah tau ada nama tumbuhan yang memakai hewan yang lainnya ?”

(Artikel ini bukan untuk secara detil membahas manfaat tanaman-tanaman tersebut. Untuk lebih akurat dan lengkap, silahkan search di Google.com)

 

 
Hewan-hewan yang terlibat dalam nasehat & peribahasa untuk manusia
 
Manusia sering loh, belajar dari hewan. Berikut contohnya !
 
Yang suka dengan Minuman panas, hati-hatilah !
 
Hiburan dulu yuuk ! Banyak lagu pilihan yang asyik di sini, termasuk tentang satwa.
 

Bagi-bagi ke :

 
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail